widgeo.netwidgeo.net
Judul    : Presentasi Laporan Penelitian
SK       : Mempraktikkan metode penelitian sosial
KD      : 3.3 Mengkomunikasikan hasil penelitian secara sederhana


Laporan hasil penelitian yang telah ditulis biasanya kemudian didiskusikan atau dipresentasikan dalam kelmpok tertentu sebelum dipublikasikan kemasyarakat. Hal ini penting dilakukan untuk memperkuat hasil penelitian yang diperoleh  dan untuk memperoleh masukan-masukan yang berguna bagi perbaikan laporan.
1.      Diskusi  Panel
Merupakan diskusi yang dilakukan oleh sekelompok orang guna membahas suatu topik yang menjadi perhatian umum. Dalam diskusi ini biasanya dihadirkan beberapa ahli dalam bidang yang dijadikan topik diskusi. Kepada para peserta diberikan untuk bertanya atau meminta penjelasan tentang permasalahan yang dihadapi.

2.      Simposium
Merupakan sejenis diskusi yang dihadiri lebih banyak orang dalam bentuk pertemuan ilmiah. Disini diadakan pembahasan prasaran-prasaran mengenai suatu permasalahan. Simpsium menghadirkan beberapa pembicara dengan tujuan yang berbeda-beda. Diskusi dilakukan setelah pembicara  masing-masing pembicara mengemukakan pendapatnya.
3.      Seminar
Merupakan pertemuan ilmiah yang dilakukan leh sekelompok orang atau berupa persidangan untuk membahas suatu masalah dibawah pimpinan moderator. Moderator biasanya dipegang oleh seorang pakar dalam bidang yang menjadi tpik diskusi. Seminar biasanya diakhiri dan ditutup dengan kesimpulan-kesimpulan yang dibacakan dalam bentuk resume seminar dan merupakan keputusan-keputusan sebagai hasil kebulatan pendapat semua peserta.
4.      Diskusi kelas
Diskusi kelas merupakan bentuk seminar kecil yang dilakukan siswa dikelas masing-masing.
Hal-hal yang yang perlu di perhatikan dalam diskusi kelas yaitu:
a.       Laporan penelitian atau pengamatan telah disiapka dan dibuat ringkasannya.
b.      Pilihlah salah satu temenmu untuk menjadi mderator.
c.       Pilihlah wakil dari masing-masing kelompok untuk menjadi penyaji.
d.      Pilihlah beberapa anggota dari kelompk lain untuk bertindak sebagai pembahas.
e.       Tunjuk seorang notulen untuk mencatat pokok-pokok pikiran dari penyaji, pembahas, dan penanya selama proses diskusi.
Hal-hal yang berkenaan dengan etika selama berlangsungnya diskusi:
a.       Mengikutsertaka seluruh siswa kelas tersebut
b.      Pembicara, pembahas, dan penanya tidak boleh terkesan bicara sendiri dan diskusi tidak boleh didominasi oleh orang-orang tertentu saja.
c.       Setiap peserta hendaknya mendengarkan dengan tertib, menyimak, dan mencatat hal-hal yang menjadi kesimpulan atau hasil penelitian, dan mempersiapkan komentar atau saran terhadap laporan tersebut.
d.      Dalam berdebat harus terarah dan tetap menjaga sopan santun, serta tidak terkesan mau menang sendiri.

Sumber: Muin, Idianto.2006. Sosiologi SMA/MA untuk Kelas XII. Jakarta; Erlangga

1 komentar:

BlockchainHelp mengatakan...

Blockchain Instant Chat Support for Business and Home Users
Blockchain exchange is used for both business and personal use by the clients. Sometimes Peoples get involved in activities that are harmful to your system and at the same time consumes your time. To avoid such situations, you can dial Blockchain customer service number 1800-665-6722 from your number and avail best solutions. Or else, you can send your queries via chat support and the executives and also revert you as soon as possible.
blockchain support

blockchain support number

how to contact blockchain support

blockchain supported coins

blockchain support email

blockchain support phone number

Posting Komentar